Powered by Blogger.

4 Danau yang ada di Bali

Posted by Pulau Bali


Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas. Di Bali juga terdapat beberapa danau yang terkenal dan cukup besar. Berikut ini beberapa nama-nama danau yang terkenal di Bali :


   a.       Danau batur (Kintamani)



Danau batur merupakan danau terluas yang ada di bali,danau ini berada di Daerah Kintamani, bangli. Letak danau ini terdapat pada ketinggian 1.050 diatas permukaan air laut. Air danau ini sangat alami karena berasal dari air hujan dan rembesan air dari hutan yang ada di pehunungan. Luas permukaan danau ini sekitar 16 Kilometer persegi dengan kedalaman berfariasi berata-rata kedalaman 50,8 meter. Danau ini berada tepat di bawah Gunung batur bali, Di atas  perahu di tengah Danau Batur, tak jarang orang membuat foto prewedding mereka. bali wedding packages kuta - menikah diuluwatu bali . Danau batur sering digunakan oleh warga sekitar sebagai pengairan dan sumber air bagi kehidupan warga di sana.
Jika kita ingin mengelilingi danau Batur ini maka kita dapat menyewa sebuah perahu yang biasanya ada di pinggiran pantai yang secara umum dapat di sewa untuk pribadi.


   b.      Danau Beratan
Sebuah danau yang terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau Bratan terbilang cukup istimewa.
Berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar-Singaraja serta letaknya yang dekat dengan Kebun Raya Eka Karya menjadikan tempat ini menjadi salah satu andalan wisata pulau Bali. Disamping mudah dijangkau Danau Bratan juga menyediakan beragam pesona dan akomodasi yang memadai.
Di tengah danau terdapat sebuah pura yaitu Pura Ulun Danu, yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Jika kita ingin mengelilingi danau ini kita dapat menyewa beberapa perahu yang memang telah di sewakan di pingggiran sekitar Danau tersebut.



   c.       Danau Tamblingan
Nama Tamblingan berasal dari dua kata dalam Bahasa Bali yaitu Tamba berarti obat, dan Elingang berarti ingat atau kemampuan spiritual. Diceritakan dalam Lontar Kutara Kanda Dewa Purana Bangsul bahwa masyarakat di wilayah itu konon pernah terkena wabah epidemi. Sebagai jalan keluar seseorang yang disucikan kemudian turun ke danau kecil di bawah desa untuk mengambil air untuk obat. Berkat doa dan kemampuan spiritual dia air itu kemudian dijadikan obat dan mampu menyembuhkan masyarakat desa. Kata Tamba dan Elingang inilah lama kelamaan menjadi Tamblingan.

Danau Tamblingan terletak bersebelahan dengan danau Buyan tetapi danau ini masuk dalam wilayah Kecamatan Banjar, Buleleng.Danau ini tepatnya terletak di di lereng sebelah utara Gunung Lesung, kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Danau ini merupakan satu dari tiga danau kembar yang terbentuk di dalam sebuah kaldera besar. Di sebelah timur berturut-turut terdapat Danau Buyan dan Danau Beratan. Diapit oleh hutan disekelilingnya serta dikarenakan letaknya di dataran tinggi membuat lingkungan danau ini berhawa sejuk. Danau Tamblingan adalah sebuah danau yang terletak Sebagai salah satu objek wisata alam,   

 Danau Tamblingan tidak dikembangkan ke arah pariwisata modern demi menjaga kelestarian alam dan lingkungannya. Yang menjadi daya tarik utama tempat ini bukan hanya pesona alamnya, namun juga karena banyaknya pura yang menyimpan sejarah dan perkembangan peradaban dan kebudayaan Bali khususnya menyangkut pembentukan dan perkembangan Desa Tamblingan.Tak jauh dari danau Tamblingan terdapat desa Munduk yang sangat asri dengan tipologi perbukitan yang indah. Di sini juga terdapat air terjun Munduk yang sangat sejuk airnya.Meskipun merupakan danau terkecil di antara keempat danau yang ada di Bali tetapi pemandangan yang disajikan tak kalah menarik. Di dekat danau ini juga terdapat pura-pura yaitu Pura Dalem Tamblingan , Pura Endek, Pura Ulun Danu dan Sang Hyang Kangin, Pura Sang Hyang Kawuh , Pura Gubug , Pura Tirta Mengening, Pura Naga Loka, Pura Pengukiran, Pengukusan, Pura Embang, Pura Tukang Timbang, Pura Batulepang,  dll.


   d.      Danau Buyan

Danau Buyan adalah salah satu Danau di Bali yang terletak di kawasan Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Meskipun pemandangannya tak secantik danau Batur maupun Beratan tetapi cukup menarik juga untuk dikunjungi. Suasana yang  sejuk dan tenang merupakan daya tarik tersendiri dari danau Buyan. Fasilitas dari tempat wisata ini memang masih sangat sederhana.

Di dekat danau ini tepatnya di jalan yang menghubungkan Denpasar-Singaraja banyak terdapat monyet-monyet lucu yang cukup menarik untuk dijadikan obyek foto dengan latar belakang danau Buyan. Di dekat danau Buyan terdapat pura Yeh Ketipat yang cukup indah untuk dikunjungi. Bagi anda yang suka menikmati kesegaran air terjun, tak jauh dari sini tepatnya di desa Gitgit terdapat 3 air terjun yang jernih yaitu air terjun Git-Git, Bertingkat dan air terjun Kembar atau twin waterfall . Danau ini merupakan satu dari tiga danau kembar yang terbentuk di dalam sebuah kaldera besar. Ia diapit oleh dua danau lainnya, yaitu Danau Tamblingan di sebelah barat dan Danau Beratan di timur. Danau Buyan adalah yang terbesar dari ketiganya.

Di antara danau Buyan dan Tamblingan yang terpisahkan oleh hutan sepanjang kurang lebih satu kilometer, terdapat sebuah kolam yang terhubung langsung dengan danau Buyan melalui sebuah kanal sempit. Oleh masyarakat kolam ini dinamakan Telaga Aya.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Related Post
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cara ke Bali
Bandara di Bali
Pelabuhan di Bali
Akomodasi Kendaraan di Bali
Hotel di Bali
Vila di Bali
Tempat Surfing di Bali
Tempat Diving di Bali
Restoran di Bali
Kawasan Wisata di Bali
Pantai di Bali
Wisata Seru di Bali
Kerajinan di Bali
Objek Wisata di Bali
Salon dan Spa di Bali
Batu Permata Bali
Art Shop di Bali
Museum di Bali
Gunung di Bali
Uli/Akar Bahas Khas Bali
Mustika Les Khas Bali
Bahasa Bali
Danau di Bali
Pura di Bali
Tari-tarian Bali 
Pakaian Adat Bali 
Kabupaten di Bali
Dinas Pariwisata Provinsi Bali 
Pemerintah Daerah Provinsi Bali

Related Post



Post a Comment