Powered by Blogger.

6 pulau indah yang ada di Bali

Posted by Pulau Bali




Hasil gambar untuk pulau bali

Bali adalah sebuah provinsi dari Republik Indonesia yang terletak diantara pulau Jawa dan pulau Lombok, pulau Bali juga terkenal dengan sebutan PULAU DEWATA, PULAU SERIBU PURA dan BALI DWIPA. Bali juga mempunyai beberapa pulau kecil yang termasuk dalam wilayah provinsi Bali, diantaranya adalah pulau Nusa Penida, pulau Nusa Lembongan, Pulau Ceningan, pulau Serangan, dan pulau Menjangan. Kesemua pulau tersebut sangatlah indah dan tempat yang bagus untuk dikunjungi.
1. Pulau Bali
 Hasil gambar untuk pulau  bali blogspot
Pulau Bali merupakan destinasi wisata paling populer di Indonesia. Bali memiliki resor terbaik di dunia berpadu dengan pantai-pantai yang menawan yang sangat terkenal keindahannya dengan segala aktifitas dan gemerlap kehidupan malam yang meriah serta pesona alamnya yang tiada tara. Pulau Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ibu kota provinsinya ialah Denpasar yang terletak di bagian selatan pulau ini. Berbagai penghargaan Internasional khususnya dibidang pariwisata telah diberikan pada Bali diantaranya oleh Majalah Travel and Leisure memilih Bali sebagai World's Best Island tahun 2009, sementara Lonely Planet's memilih Bali sebagai peringkat kedua Best of Travel 2010. Oleh karena itu Bali telah menjadi tujuan pariwisata bagi wisatawan lokal dan wisatawan seluruh dunia, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia sebagai jumlah wisatawan terbanyak, kemudian wisatawan dari Taiwan, Eropa, Inggris, Amerika, Singapura dan Malaysia, dll.

Bali juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata, Pulau Seribu Pura, atau Pulau Surga. Karena di samping pantai-pantai Bali yang memang sudah sangat terkenal keindahannya, Bali juga memiliki keindahan alam yang luar biasa dan lengkap, seperti gunung berapi, sawahnya yang bersusun (Terasering Ceking) menghampar hijau memberikan rasa damai dan ketenangan, butiran pasir dan keindahan alam bawah lautnya yang mengagumkan seolah menjadi persembahan keindahan alam yang tiada habisnya, serta keunikan seni budayanya dan berbagai hasil kerajinan tangan yang khas dan fantastis dari para pengrajinnya. Sesuai dengan apa yang disampaikan aktor kenamaan Hollywood, Richard Gere, bahwa masyarakat Bali dianggap tinggal di surga (paradise) yang sangat menyenangkan.

Bali adalah tempat berkumpulnya berbagai wisatawan dari seluruh dunia. Bagi wisatawan asing pantai-pantai yang ada di Bali memiliki ombak-ombak yang terkenal sebagai lokasi surfing untuk berselancar seperti di pantai Kuta, Uluwatu, dan pantai Dreamland. Bagi mereka yang suka dengan hal-hal yang menantang yang memacu adrenalin seperti menyelam, rafting, treking dan lainnya semua juga bisa dilakukan di Bali. Ada banyak lokasi wisata yang sayang apabila dilewatkan ketika Anda berada di Bali. Mulai dari wisata pantai, pegunungan, danau, hutan, kebun binatang, atau desa beserta masyarakat Bali yang pada umumnya masih kuat memegang teguh tradisi peninggalaan nenek moyangnya.

Tempat-tempat yang sering dikunjungi adalah Kuta, Legian, Seminyak, Jimbaran dan Nusa Dua adalah beberapa tempat yang menjadi tujuan utama pariwisata, baik sebagai wisata pantai maupun tempat peristirahatan, spa, golf, dan lain-lain yang terletak terletak di Kabupaten Badung, Nusa Lembongan adalah sebagai salah satu tempat menyelam (diving), terletak di Kabupaten Klungkung, sedangkan Ubud sebagai pusat kesenian dan tempat peristirahatan yang tenang, terletak di Kabupaten Gianyar.

Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Agama lainnya adalah Buddha, Islam, Protestan dan Katolik. Masyarakat Bali yang menganut agama Hindu Bali yang taat, sebagian besar hidupnya didedikasikan dalam upacara adat yang bertujuan untuk memelihara keharmonisan di dunia. Selain dari sektor pariwisata, penduduk Bali juga hidup dari pertanian dan perikanan, yang paling dikenal dunia dari pertanian di Bali ialah sistem Subak. Sebagian juga memilih menjadi seniman. Bahasa yang digunakan di Bali adalah Bahasa Indonesia, Bali dan Inggris khususnya bagi yang bekerja di sektor pariwisata.

Di tengah-tengah pulau Bali terbentang pegunungan yang memanjang dari barat ke timur dan di antara pegunungan tersebut terdapat gugusan gunung berapi yaitu Gunung Batur dan Gunung Agung serta gunung yang tidak berapi, yaitu Gunung Merbuk, Gunung Patas dan Gunung Seraya. Pegunungan tersebut membagi daerah Bali secara geografis menjadi 2 (dua) bagian yaitu Bali Utara dengan dataran rendah yang sempit dan tidak landai sedangkan Bali Selatan dengan dataran rendah yang luas dan landai. Provinsi Bali memiliki 4 (empat) buah danau yang berlokasi di daerah pegunungan, yaitu Danau Beratan atau Bedugul, Buyan, Tamblingan, dan Batur.
 
2. Pulau Nusa Penida, Ceningan dan Lembongan




Nusa Penida Bali
Jika anda ingin liburan ke tempat wisata unik di Bali, maka saya sarankan untuk mengunjungi tempat wisata Nusa Penida, karena memiliki daya tarik wisata unik dan sangat mempesona. Nusa Penida adalah sebuah pulau kecil yang berada di sebelah tenggara pulau Bali, dipisahkan oleh selat Badung. Di dekat pulau ini, terdapat 2 pulau kecil lain, yaitu pulau Nusa Lembongan dan pulau Nusa Ceningan. Ketiga pulau kecil yang ada di bagian tenggara pulau Bali, memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri dan ada perbedaan satu sama lain. Ketiga pulau masuk dalam wilayah pemerintahan kabupaten Klungkung, provinsi Bali. Pulau Nusa Penida adalah pulau terbesar dari ketiga pulau dan masyarakat lokal sering menyebut dengan nama Nusa Gede. Gede artinya besar. Sedangkan Nusa Ceningan adalah pulau terkecil dari ketiga pulau. Khusus untuk Nusa Lembongan, pulau yang paling terkenal dikalangan wisatawan, terutama wisatawan Australia.

Daya Tarik Wisata Nusa Penida Bali

Petani Rumput Laut

Kondisi alam pulau Nusa Gede terdiri dari daratan landai dan daratan perbukitan yang dikelilingi oleh lautan. Pulau ini memiliki daerah yang sangat kering, dan tanah di daerah ini memiliki kandungan kapur yang tinggi. Karena hal ini, sebagian besar masyarakat lokal, memilih mata pencaharian sebagai petani rumput laut, sebagai nelayan dan ada juga yang memilih sebagai pedagang. Daya tarik wisata Nusa Penida terletak pada pantai pasir putih, tempat konservasi tumbuhan langka, konservasi burung langka seperti burung Jalak Bali, serta tempat konservasi penyu hijau. Tempat konservasi penyu hijau di Nusa Gede, sangat mirip dengan tempat konservasi penyu hijau di Tanjung Benoa Bali. Jika anda pernah mengikuti aktivitas wisata pulau penyu Tanjung Benoa, maka anda pasti sudah faham yang saya maksudkan. Selain sebagi tempat konservasi, daya tarik wisata Nusa Gede terletak pada aktivitas wisata bahari yang lebih familiar disebut dengan nama Bali watersport. Aktivitas wisata bahari di Nusa Penida yang paling disukai oleh wisatawan adalah aktivitas menyelam (scuba diving) dan aktivitas snorkeling. Selain aktivitas wisata bahari, pulau ini juga terkenal akan tempat wisata eksotis dan unik terutama tempat wisata pantai pasir putih, sangat indah dan jarang dikunjungi wisatawan, karena untuk saat ini akses jalan ke pantai belum memadai.
Daya Tarik Wisata


 3. Pulau Serangan
Hasil gambar untuk tempat wisata pulau serangan bali 
Serangan adalah sebuah pulau kecil yang terletak 5 km di sebelah selatan kota Denpasar, Bali. Pulau yang memiliki panjang maksimum 2,9 km dan lebar 1 km ini secara administratif termasuk wilayah Kota Denpasar, Bali.

Kata Serangan sering disebutkan berasal dari kata “sira” dan “angen”. Dulu, dalam pelayaran yang melelahkan dari Makassar, para pelaut itu sering singgah di Serangan untuk mencari air minum. Setelah minum di sana, mereka pun akhirnya terkena pengaruh sira angen — merasa sayang atau kangen dengan Serangan. Sehingga, tak sedikit dari pelaut Bugis itu memutuskan menetap di sana. Selanjutnya, mereka pun membentuk pemukiman yang dikenal dengan Kampung Bugis dan beranak-pinak hingga saat ini.
Pura Sakenan

Nama Pura Sakenan berasal dari kata sakya yang berarti menyatukan pikiran langsung kepada Tuhan.

Menurut beberapa sumber, kelompok tempat suci di Serangan dibangun oleh Mpu Kuturan pada abad ke-12 dan sebagian lagi oleh Danghyang Nirartha pada abad ke-15. Rupanya, para orang suci itu membangun tempat suci karena juga merasa sira angen dengan keindahan alam yang natural dan vibrasi spiritual Serangan. Maka, dibangunlah di situ tempat suci yang memiliki kekhasan arsitektur mirip dengan Pura Luhur Uluwatu yang berlokasi di ujung selatan Pulau Bali.

Dalam lontar “Usana Bali”, Pura Sakenan disebutkan dibangun oleh Mpu Kuturan (Mpu Rajakretha) pada masa pemerintahan Raja (suami istri) Masula-Masuli (Sri Dhana Dhirajalancana-Sri Dhana Dewiketu). Pada masa pemerintahannya di Bali (1178-1255), Raja Masula-Masuli banyak membangun tempat suci, di antaranya Pura Sakenan. Berdasarkan referensi itu, Pura Sakenan diperkirakan dibangun sekitar abad ke-12.

Sementara itu, dalam “Dwijendra Tattwa” disebutkan bahwa Danghyang Nirartha di tempat suci ini sempat melakukan penyatuan pikiran dan diri dengan Tuhan. Dalam perjalanan suci mengelilingi pantai-pantai di Pulau Bali, beliau sempat menetap di Serangan. Di situlah beliau membangun Pura Dalem Sakenan. Berdasarkan perjalanan suci Danghyang Nirartha di Bali sekitar tahun 1489 (pemerintahan Dalem Waturenggong), maka diperkirakan Pura Dalem Sakenan itu dibangun pada abad ke-15.

Kisah perjalanan Danghyang Nirartha ini akhirnya jadi tradisi masyarakat Hindu di seantero Bali di saat karya besar di Pura Dalem Sakenan yang bertepatan dengan Hari Raya Kuningan. Mengingat Pulau Serangan terpisah dari daratan Bali, para pamedek itu tangkil dari daratan Bali menuju Serangan dengan menaiki jukung. Saat air laut dalam kondisi surut, para pamedek harus siap berjalan kaki melewati semak belukar, menyisir hutan bakau yang panjangnya sekitar dua kilometer. Tradisi itu berlangsung dari masa ke masa.

Namun, ketika proyek reklamasi “menjamah” Serangan, tradisi itu pun menghilang. Perubahan besar terjadi. Sebuah jembatan megah membentang di situ, menghubungkan daratan Bali dengan Pulau Serangan. Seiring dengan perubahan itu, tenggelam pula ritualitas budaya dan tradisi masyarakat Bali saat melakukan persembahyangan ke Pura Dalem Sakenan. Tak ada lagi iring-iringan jukung sarat pamedek dan sarana prasarana persembahyangan lainnya membelah kebiruan perairan Serangan.

Kini, semua dilakukan serba pintas dan cepat. Jembatan penghubung itu membuat jukung tak lagi dilirik karena kendaraan roda dua dan empat bisa menjelajah Serangan dalam sekejap mata. Dan, seiring dengan reklamasi, menghilang pula predikat “Pulau Emas” dari Serangan. Pasalnya, reklamasi itu telah mengubah hamparan pasir kuning keemasan itu jadi hamparan kapur putih yang menyilaukan mata.

 4. Pulau Menjangan

Wisata Pulau Menjangan Bali Untuk Snorkeling dan Diving Bersama Keluarga, Tempat Wisata Terindah - Pulau kecil namun kaya akan budaya yang masih terjaga, adat istiadat yang sangat kental, tradisi-tradisi yang tetap ada meski pengaruh global terus melaju. Pesona Bali tak kan kita temui di pulau manapun. Keindahan dan keeksotisan hasil karya Tuhan yang terlukis indah di pesona wisata alam Bali membuat Bali adalah tempat tujuan utama bagi para wisatawan asing maupun wisatawan lokal menikmati liburan yang memuaskan. Bali yang identik dengan tempat sembahyang yang selalu ada di setiap rumah punya beragam jenis pantai eksotis dengan beragam juga keistimewaan. Olahraga air yang dapat kita temui di pantai antara lain snorkeling, banana boat, surfing, diving, dan masih banyak yang lainnya. Namun, ada salah satu pantai di Bali yang sangat jadi primadona bagi wisatawan yang punya hobi diving yaitu Pulau Menjangan. 

Tempat Wisata Pulau Menjangan Bali Yang Indah

Wisata Pulau Menjangan Bali

Wisata Pulau Menjangan Bali

Letak Pulau Menjangan Bali

Bagi yang ingin berkunjung ke sana, Anda dapat pergi menuju ke Desa Klampok Kecamatan Grokgak Kabupaten Buleleng sekitar 4 jam dari Denpasar. Pulau Menjangan ini termasuk dalam wilayah Provinsi Bali bagian barat sehingga dapat diakses melalui Denpasar maupun Surabaya. Dari Denpasar disarankan agar anda untuk menyewa sopir karena perjalanan yang cukup jauh dan pastinya akan melelahkan, jangan sampai kelelahan Anda membuat totalitas menikmati keindahan tempat wisata Pulau Menjangan menjadi berkurang.

Cara ke Pulau Menjangan Bali

Seperti disampaikan diatas bahwa untuk ke tempat wisata Pulau Menjangan dapat diakses melalui Denpasar maupun Surabaya. Yang perlu anda lakukan adalah menuju Pelabuhan Gilimanuk di Pulau Bali. Dari Gilimanuk, Anda harus menyeberang selama 30 – 45 menit dengan kapal motor yang akan ditemani keindahan gunung api Jawa Timur yang gagah dan birunya air laut untuk menuju Pelabuhan Menjangan.

Harga Paket Diving Pulau Menjangan Bali

Berbagai paket diving  yang terdiri dari sewa kapal boat+guide+asuransi+sewa+peralatan snorkelling akan sangat membantu. Biaya yang akan dikeluarkan hanya sebesar Rp 400.000,00 – Rp 600.000,00 per hari dan harga untuk ditemani pemandu sebesar Rp 100.000,00 per kelompok. Di Pelabuhan Lalang beberapa resort berlomba-lomba menyajikan fasilitas dan servis memuaskan namun dari beberapa resort The Menjangan Resort menjadi resort yang paling lengkap.

Keindahan Pulau Menjangan Bali

Air jernih kebiruan yang menyegarkan siapapun yang melihatnya menjadi poin plus dimana kita dapat menikmati biota laut yang sempurna. Kawanan rusa liar berenang menuju pulau ini dengan jarak 1,2 mil setiap musim semi. Namun, sekarang jumlah rusa yang ada semakin menurun, sehingga pemerintah Bali menjadikan Taman Nasional Bali Barat sebagai tempat konservasi Rusa yang hampir punah. Itu sebabnya mengapa pulau ini disebut Pulau Menjangan, karena Menjangan dari bahasa Jawanya itu berarti Rusa. Kegiatan menyelam pada kedalaman 20 – 30 meter dengan mengikuti lajur tebing di bawah laut adalah olahraga air yang menjadi favorit bagi pengunjung yang disebut Wall-diving. Dengan kondisi perairan yang cukup tenang pada cuaca tertentu, Anda akan disuguhkan dengan ikan yang banyak ditemukan di sini yaitu gorgonial fanfish dan terumbu karang dimulai dari kedalaman 10 – 50 meter. Dikedalaman 60 meter tertata rapi formasi batuan karang yang membentuk gua kecil sampai berukuran besar yang berfungsi sebagai habitat temburu karang lunak, kerapu besar, belut moray, kakap kecil, dan batfish. Yang akan menambah kita takjub adalah di dasar laut, kita akan menemukan barrel sponges, sea fans, tuna, jackfish yang bergerombol, batfish, angelfish, penyu laut, hingga hiu.

Spot Terkenal Untuk Diving Pulau Menjangan Bali

1.    Eel Gardens yang ada di barat Pulau Menjangan merupakan spot terbaik yang ada. Kumpulan garden eel dan sea fans banyak kita temui dan kedalaman dinding karang sekitar 40 meter yang menjadi permulaan, banyak gorgonia dan biota laut yang akan menyambut kedatangan kita.
2.    Secret Bay yang harus dicoba karena pecinta macro diving sangat menyukai spot ini dengan perairan dangkalnya dan pasir berlumpur di dasar laut. Cukup dengan kedalaman 10 meter nudibranch, frogfish, shrimpfish, seahorses, dragonets, pipefish, lionfish, udang laut, belut pita dan masih banyak lagi yang akan menyambut kedatangan kita tentunya dengan waktu penyelaman yang tepat dimana gelombang tinggi dan sirkulasi bulan berada pada posisi yang tepat. Gunakan wetsuit sebagai pakaian selam Anda, karena kondisi air yang sangat dingin di sini.
3.    Anchor Wreck
Untuk para penyelam pemula tidak dianjurkan menjadikan spot ini sebagai spot pertama diving Anda, karena spot ini hanya diperuntukkan untuk penyelam profesional. Kedalaman 45 meter akan tersaji bangkai kapal yang berkarat lengkap dengan jangkarnya. Konon, kapal ini merupakan kapal laut milik Negara Belanda yang telah tenggelam di abad ke-19 ketika Perang Dunia II. Di kapal Anker atau Kapal Budak ini kalian akan menemukan beberapa perabot keramik yang ditumbuhi karang lunak dan penyu bahkan hiu yang sedang berenang di kapal yang menjadi pengangkutan budak Bali menuju Jakarta

Tips Wisata ke Pulau Menjangan Bali

Berkunjunglah ke tempat wsiata Pulau Menjangan Bali di bulan April sampai November dan bawalah bekal makanan, obat, sunblock serta baju ganti karena pulau ini pulau tak berpenghuni. Siapkan seluruh peralatan yang menunjang Anda dalam melakukan snorkelling atau diving agar keselamatan dapat terjaga. Menginaplah paling tidak semalam karena jika Anda kembali ke Denpasar, Anda harus menempuh waktu yang lama yaitu 7 jam. Ingatlah! Penikmat alam juga wajib jika saling menjaga kebersihan alam yang telah dikunjungi, karena masih banyak penikmat lainnya yang juga ingin menikmatinya. Dengan kata lain, selalu jangan menjadikan sampah sebagai bukti peninggalan bahwa Anda pernah mengunjungi tempat itu.
Sumber:
http://wisata-pulaubali.blogspot.co.id/2013/12/wisata-pulau-bali.html
http://tempatwisatadaerah.blogspot.co.id/2016/11/wisata-pulau-menjangan-bali-untuk.html
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Related Post
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cara ke Bali
Bandara di Bali
Pelabuhan di Bali
Akomodasi Kendaraan di Bali
Hotel di Bali
Vila di Bali
Tempat Surfing di Bali
Tempat Diving di Bali
Restoran di Bali
Kawasan Wisata di Bali
Pantai di Bali
Wisata Seru di Bali
Kerajinan di Bali
Objek Wisata di Bali
Salon dan Spa di Bali
Batu Permata Bali
Art Shop di Bali
Museum di Bali
Gunung di Bali
Uli/Akar Bahas Khas Bali
Mustika Les Khas Bali
Bahasa Bali
Danau di Bali
Pura di Bali
Tari-tarian Bali 
Pakaian Adat Bali 
Kabupaten di Bali
Dinas Pariwisata Provinsi Bali 
Pemerintah Daerah Provinsi Bali

Related Post



Post a Comment