Powered by Blogger.

Cara membedakan zamrud sintetis dan alami

Posted by Pulau Bali


Zamrud sintetis diproduksi di Jerman, Perancis, dan Amerika Serikat dengan pertumbuhan dan hidrotermal fluks proses di laboratorium. Ini adalah metode mahal dan sulit untuk menghasilkan hasil yang besar .Ini disebutkan bahwa zamrud sintetis pertama kali muncul di bagian terakhir dari abad terakhir. 
PengantarKanan dari awal dunia ini, zamrud telah terpesona dunia. Itu dan masih merupakan batu permata favorit dinasti dan kelas elit di seluruh dunia. Di masa lalu, penguasa India seperti Shah Jahan begitu terpikat dengan zamrud bahwa monumen untuk istrinya berangkat dihiasi dengan inlays indah zamrud dan batu berharga lainnya. Monumen megah ini dikenal sebagai 'Taj Mahal'. firaun Mesir yang digunakan dalam mahkota dan banyak yang bahkan dikuburkan dengan mereka. Hal ini dianggap sebagai batu permata menguntungkan dan diyakini untuk menangkal pengaruh jahat dari kehidupan kita. Meskipun banyak yang telah ditulis tentang hal itu, orang masih merasa sulit untuk membedakan antara alam dan zamrud sintetis.
Gemologists menjelaskan bahwa zamrud alami terbentuk ketika kekuatan alam bumi menerapkan panas dan tekanan sementara zamrud sintetis terbentuk ketika panas dan tekanan yang diterapkan pada mineral di laboratorium. zamrud sintetis dengan kata lain adalah permata laboratorium-tumbuh dan tidak ditambang dari tanah seperti zamrud alami. Ini juga lebih murah dibandingkan dengan zamrud alami. Oleh karena itu, mereka yang tidak mampu zamrud alami tetapi bercita-cita untuk memiliki permata membeli rekan-rekan mereka yang murah.Emerald adalah dalam -hijau berwarna berbagai beryl. Memiliki fraktur conchoidal dan keuletan halus oleh karena itu sensitif terhadap tekanan dan panas. Hal ini sangat hijau yang sarjana roman terkenal 'Plini' menyebutnya "lebih hijau dari hijau." Menjadi sangat indah, zamrud selalu dilindungi oleh raja dan kelas elit di masa lalu. Orang-orang bingung oleh lampu hijau. Sedikit yang tahu bahwa warna hijau disebabkan oleh kotoran dari kromium dan vanadium. Dikatakan bahwa zamrud terbaik yang bersumber dari Kolombia terutama di tambang Mura dan Cosquez tetapi baru-baru deposito juga telah ditemukan di Zambia, Brasil, Rusia dan Pakistan. Zamrud terbaik dikenal untuk transparan namun pada umumnya mungkin juga memiliki inklusi.zamrud sintetis diproduksi di Jerman, Perancis, dan Amerika Serikat dengan pertumbuhan dan hidrotermal fluks proses di laboratorium. Ini adalah metode mahal dan sulit untuk menghasilkan hasil besar. Salah satu alasan adalah metodologi produktif sangat lambat digunakan dalam sintesis zamrud.Itu selalu sulit untuk membedakan antara zamrud alami dan sintetis karena mereka berdua memiliki sama komposisi kimia dan kristal make-up. Sebelumnya zamrud sintetik diuji dengan Chelsea filter warna untuk mengetahui perbedaan antara zamrud alami dan sintetis. Tapi itu mampu menghasilkan hasil hanya terbatas. Setelah banyak penelitian terkenal gemologists dan perhiasan menyimpulkan bahwa perbedaan antara zamrud alami dan sintetis dapat ditemukan oleh penilaian berat jenis dan indeks bias dari zamrud. Dengan kata sederhana, berat jenis zamrud adalah berat di udara dibagi dengan kehilangan berat badan dalam air. Hal ini diuji dengan kepadatan meter, instrumen ilmiah. Refractometer adalah instrumen ilmiah yang menghitung kecepatan sinar bercahaya yang timbul dari batu. Refractometer juga digunakan untuk memeriksa indeks bias batu.

Perbedaan utama

Gemologists ahli telah menemukan bahwa perbedaan utama antara sintetis dan zamrud alami adalah: 

(A) gravitasi spesifik dari zamrud sintetis (2.66) lebih rendah dari zamrud alami (2,70-2,78) dan indeks bias dari zamrud sintetis (1,565) lebih rendah dari zamrud alami (1576-1582). 

(B) pertumbuhan dan hidrotermal Flux proses dapat menghasilkan zamrud sintetis dan karena mereka itu bersinar merah tanpa kegirangan di sinar ultra violet yang satu tidak mendapatkan dalam zamrud alami.

(C) zamrud sintetis memiliki inklusi berbulu, yang tidak dapat ditemukan di zamrud alami(D) emerald Alam menghasilkan cahaya hijau karena kotoran tetapi dalam zamrud sintetis ini tidak terjadi. 

(E) Kejelasan zamrud alami dapat ditingkatkan dengan meminyaki tapi di zamrud sintetis ini tidak dapat dilakukan.Zamrud adalah batu permata paling berharga kedua setelah berlian.  

Karena pasar global dibanjiri zamrud sintetis dan palsu, veteran di bidang ini selalu bersikeras tes ekstensif untuk membedakan zamrud alami dari yang palsu. gemologists internasional telah rajin mengimbau kepada mereka yang terlibat dalam membeli dan menjual zamrud untuk menyarankan klien mereka untuk mencari bantuan dari pusat Gemological profesional atau laboratorium untuk memeriksa zamrud keaslian. 


Gemologists terkenal di dunia menyarankan untuk pembeli 


1. Membeli zamrud laboratorium-diuji dari toko perhiasan bersertifikat

2. Mendapatkan sertifikat dari sumber zamrud untuk identitasnya. emerald memproduksi negara-negara besar seperti Columbia dan Brazil memiliki asosiasi yang menyatakan eksportir dan penjual untuk pengendalian kualitas.

Metode ilmiah untuk membedakan zamrud alami 

Setiap pembeli serius dari zamrud harus memanfaatkan layanan dari gemologists karena gemologists menggunakan sejumlah tes laboratorium untuk mengukur identitas sebenarnya dari zamrud alami dan sintetis. Pada awalnya, mereka menggunakan lensa tangan untuk memeriksa fitur visual seperti kejelasan dan mikroskop binokuler untuk fitur seperti zonasi warna, pertumbuhan, dan inklusi. Karena sulit untuk membedakan zamrud alami dari satu sintetis, instrumen ilmiah dikenal sebagai spektroskop yang digunakan. spektroskop adalah instrumen yang memungkinkan pengamat untuk berhubungan warna batu permata untuk spektrum penyerapan. 


Spektroskopi Raman 

Raman spektroskopi adalah metode canggih untuk menilai inklusi sidik jari dari zamrud sintetis. Kemudian, gemologists sering menggunakan alat uji canggih seperti sistem x-ray fluorescence depresi energi (EDXRF) untuk penyelidikan lebih lanjut. Tes lanjutan dilakukan oleh gemologists terlatih, dan hanya setelah kesimpulan pengujian intensif tentang zamrud alami dan sintetis dapat dibuat.Dianjurkan untuk berhati-hati dengan zamrud karena tidak hanya berharga tetapi tidak dapat membedakan antara zamrud alami dan sintetis tanpa pengetahuan mendalam tentang subjek. Oleh karena itu orang-orang yang membeli pertama kali harus tahu tentang berat jenis dari zamrud alam yang sering antara 2,70-2,78 dan juga indeks bias yang selalu antara 1576 ke 1582.They juga harus bersikeras pada sertifikat yang berisi keterangan seperti sumber, berat karat, warna dan kejelasan dari perhiasan. 

Sumber: https://www.jewelinfo4u.com/how-to-differentiate-synthetic-and-natural-emerald 


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Related Post
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Intan
Zamrud
Ruby dan Safir
Giok
Turmalin
Topaz
Garnet
Alexandrit
Zircon
Biduri Bulan
Peridoth
Kecubung
Batu Badar Perak
Batu Badar Lempuyang
Batu Badar Emas
Batu Badar Brumbun
Batu Badar Besi
Les Kopi
Les Jarak
Les Teep
Les Kayu Bidara
Les Jepun
Les Jati
Les Asem
Les Tiing
Les Gedebong
Les Tenggulun
Uli Gadang
Uli Brahma
Uli Hitam
Uli Waringin Sungsang
Uli Gringsing
Uli Brumbun
Batu Badar Pulaki
Kayu Bertuah
Virus
Uli Putih
Les Dapdap
Les Kelor
Les Cempaka
Les Jake
Les Cendan
 

Related Post



Post a Comment